Sunday, September 16, 2012

Virus

Virus

Virus adalah agen infeksi kecil yang bisa meniru hanya di dalam sel-sel hidup dari suatu organisme. Virus dapat menginfeksi semua jenis organisme, dari hewan dan tumbuhan untuk bakteri dan archaea.

Sejak 1892 Artikel Dmitri Ivanovsky yang menggambarkan patogen non-bakteri menginfeksi tanaman tembakau, dan penemuan virus mosaik tembakau oleh Martinus Beijerinck pada tahun 1898, sekitar 5.000 virus telah dijelaskan secara rinci, meskipun ada jutaan berbeda jenis. Virus ditemukan di hampir setiap ekosistem di Bumi dan merupakan jenis yang paling melimpah entitas biologis. Studi virus dikenal sebagai virologi, sub-spesialisasi mikrobiologi.

Virus partikel (dikenal sebagai virion) terdiri dari dua atau tiga bagian: bahan genetik yang terbuat dari baik DNA atau RNA, molekul panjang yang membawa informasi genetik, sebuah mantel protein yang melindungi gen ini, dan dalam beberapa kasus sebuah amplop dari lipid yang mengelilingi protein mantel ketika mereka berada di luar sel. Bentuk virus berkisar dari bentuk heliks dan icosahedral sederhana untuk struktur yang lebih kompleks. Virus rata-rata sekitar satu ukuran seperseratus dari bakteri rata-rata. Kebanyakan virus terlalu kecil untuk dilihat secara langsung dengan mikroskop optik.

Asal-usul virus dalam sejarah evolusi kehidupan tidak jelas: beberapa mungkin telah berevolusi dari plasmid - potongan DNA yang dapat bergerak di antara sel - sementara yang lain mungkin telah berevolusi dari bakteri. Dalam evolusi, virus merupakan sarana penting transfer gen horisontal, yang meningkatkan keragaman genetik.

Virus menyebar dengan berbagai cara, virus pada tanaman sering ditularkan dari tanaman ke tanaman oleh serangga yang memakan tanaman getah, seperti kutu daun, virus pada hewan dapat dibawa oleh serangga penghisap darah. Ini penyakit-bantalan organisme dikenal sebagai vektor. Virus influenza yang menyebar melalui batuk dan bersin. Norovirus dan rotavirus, penyebab umum virus gastroenteritis, yang ditularkan melalui jalur fekal-oral dan ditularkan dari orang ke orang melalui kontak, memasuki tubuh dalam makanan atau air. HIV adalah salah satu dari beberapa virus ditularkan melalui hubungan seksual dan oleh paparan darah yang terinfeksi. Kisaran sel inang bahwa virus dapat menginfeksi disebut dengan "host range". Ini bisa sempit atau, seperti ketika virus mampu menginfeksi banyak spesies, luas.

Infeksi virus pada hewan memprovokasi respon imun yang biasanya menghilangkan virus yang menginfeksi. Respon imun juga dapat dihasilkan oleh vaksin, yang memberikan kekebalan artifisial diperoleh dengan infeksi virus tertentu. Namun, beberapa virus termasuk yang menyebabkan hepatitis AIDS dan virus tersebut menghindari respon imun dan menyebabkan infeksi kronis. Antibiotik tidak berpengaruh pada virus, tetapi beberapa obat antivirus telah dikembangkan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Sitaresmi K is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger