Sunday, September 16, 2012

IDENTIFIKASI ATAU DETERMINASI

IDENTIFIKASI ATAU DETERMINASI

Komunikasi yang kita lakukan dengan
siapapun secara lisan maupun tulisan memerlukan nama. Nama sebutan
digunakan misalnya pada benda, alat dan manusia juga padatumbuhan dan hewan.

Nama hewan atau tumbuhan berkaitan dengan identitas yang dimilikinya. IDENTIFIKASI (DETERMINASI) ciri-cirikhas hewan atau tumbuhan adalah menentukan nama hewan atau tumbuhan dengan benar dan menempatkanya dalam sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan.

Jika kita memiliki suatu jenis tumbuhan atau hewan yang akan diidentifikasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari tumbuhan atau hewan itu sebaik-baiknya. Semua sifat morfologi tumbuhan adan hewan tersebut perlu dianalisa. Langkah berikutnya adalah mencoba membandingkan atau menyamakan ciri-ciri tumbuhan atau hewan yang dimaksud dengan ciri-ciri hewan atau tumbuhan yang sudah diketahui identifitasnya. misalnya dengan menggunakan salah satu cara yang diuraikan dibawah ini:

1. Ingatan; determinasi dilakukan berdasarkan pengetahuan atau ingatan kita tentang tumbuhan atau hewan yang dikenal sebelumnya.
2. Bantuan orang lain; determinasi tumbuhan atau hewan dapat dilakukan dengan meminta bantuan ahli-ahli botani, zoologi atau siapa saja yang dapat membantu.
3. Spesimen acuan; identifikasi suatu jenis tumbuhan atau hewan dilakukan dengan membandingkan secara langsung dengan spesimen acuan yang telah diidentifikasi dan diberi etiket bertuliskan namanya. Spesimen tadi dapat berupa koleksi kering atau koleksibasah.
4. Pustaka; cara lain untuk melakukan determinasi adalah dengan membandingkan atau mencocokan ciri-ciri tumbuhan atau hewan yang akan diidentifikasi dengan dekripsi atau gambar-gambar yang ada dalam pustaka. Dapat pula dengan menggunakan kunci IDENTIFIKASI ATAU DETERMINASI.
5. Komputer; perkembangan teknologi di bidang komputer dan biometrika berhasil menciptakan suatu program komputer yang dapat menyimpan, mengolah dan memberikan keterangan tentang tumbuhan atau hewan. Dengan demikian, determinasi tumbuhan atau hewan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Sitaresmi K is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger