Sunday, September 16, 2012

Protista

Protista

Beberapa anggota Kerajaan Protista yang uniseluler, yang lain kolonial, namun lain multiseluler. Perhatikan bahwa dalam bentuk kolonial, semua sel yang serupa dengan serupa, fungsi umum, sedangkan pada spesies yang benar-benar multiseluler, "tubuh" dari organisme terdiri dari berbagai jenis sel, masing-masing jenis dengan fungsi khusus mereka sendiri. Organisme ini semua eukariota (mereka memiliki inti sejati). Mereka semua membutuhkan semacam lingkungan berbasis air - yang dapat menjadi air tawar atau laut, salju, tanah basah, rambut beruang kutub - di mana untuk hidup. Semua adalah aerobik dan memiliki mitokondria untuk melakukan respirasi sel, dan beberapa memiliki kloroplas dan dapat melakukan fotosintesis. Kebanyakan dari mereka mereproduksi atau tumbuh oleh mitosis, dan beberapa mereproduksi oleh meiosis dan fertilisasi. Banyak dapat membentuk kista dalam kondisi buruk. Protista merupakan komponen utama dari plankton.

Protista dikelompokkan menjadi tiga besar, kategori resmi berdasarkan sarana yang mereka memperoleh gizi. Ini adalah, Protozoa tersebut Algae, dan Jamur seperti Protista. Untuk beberapa alasan, botanis menggunakan kata "Divisi" berarti tingkat taksonomi yang sama sebagai "Filum", dan sejak itu, jalan kembali semuanya itu disamakan baik sebagai tanaman atau binatang, ahli taksonomi yang mempelajari Kerajaan Protista (dan mereka yang mempelajari Kerajaan Jamur) juga masih menggunakan kata "Divisi" berarti "Filum", jadi misalnya, ketika "Divisi Rhizopoda" yang tercantum di bawah ini, itu berarti hal yang sama dengan mengatakan "Filum Rhizopoda".

Protozoa:

Ini protista adalah hewan-seperti, terutama dalam gizi mereka. Mereka menelan makanan mereka dengan fagositosis. Beberapa memiliki mulut-seperti struktur di mana mangsa diletakkan sementara yang lain menggunakan pseudopodia untuk bergerak dan memangsa menelan. Mangsa umum termasuk bakteri dan lainnya yang lebih kecil organisme bersel satu.

Divisi Rhizopoda:
Klik di sini untuk Film Amoeba Contoh anggota Divisi ini adalah genus Amoeba, penghuni air tawar. Protista dalam kelompok ini adalah uniseluler dan memiliki pseudopodia. Beberapa mensekresikan kerang di sekitar mereka, sementara yang lainnya tidak. Tak satu pun dari mereka memiliki flagella, silia, atau meiosis. Entamoeba histolytica adalah bentuk parasit yang menyebabkan disentri amuba. Ini menjajah usus dan memakan bakteri, menyebabkan gejala yang berkisar dari diare ringan sampai disentri. Biasanya periode diare berair, sering mengandung darah, bisa bergantian dengan sembelit, dan sering terdapat perut kembung dan kram perut. Entamoeba dapat secara langsung menyebar (seks anal), atau tidak langsung menyebar (dengan meminum air yang terkontaminasi). Buah-buahan segar dan sayuran mungkin tidak aman jika dipupuk dengan kotoran manusia, disirami dengan air yang terkontaminasi, atau disiapkan oleh seseorang dengan di / nya tangan.

Divisi Apicomplexa:
Ini semua adalah parasit dan membentuk kecil, spora menular. Semua memiliki siklus hidup yang kompleks. Contohnya adalah Plasmodium vivax, yang menyebabkan malaria, yang beberapa spesies nyamuk adalah tuan rumah sekunder. Hal ini juga memungkinkan untuk menjadi terinfeksi dengan parasit Plasmodium dari transfusi dari orang yang terinfeksi atau jika saham pecandu narkoba jarum suntik yang dengan orang yang terinfeksi. Satu tahap dalam siklus hidup yang rumit tumbuh di nyamuk, tahap berikutnya dalam hati orang yang baru terinfeksi, dan tahap selanjutnya menyerang sel merah darah seseorang, pecah sel darah merah sebagai parasit meninggalkan untuk menyerang sel-sel lain. Gejala meliputi menggigil bolak siklus, demam, dan berkeringat yang pada awalnya, bisa salah untuk flu. Sementara biasanya kurang dari 1% dari sel darah merah terinfeksi, sering malaria menyebabkan anemia karena jumlah sel darah merah yang lebih kecil. Seringkali limpa dan hati membesar ketika mereka mencoba untuk berurusan dengan sel darah merah mati. Malaria diobati dengan ekstrak dari pohon kina. Ingat bahwa orang dengan sel sabit lebih tahan karena ketika parasit malaria memasuki RBC, para sabit RBC, membunuh parasit, sehingga mencegah bertambah banyak dan menyebar.

Divisi Zoomastigophora:
Divisi Trypanosoma ini berisi beberapa organisme yang hidup bebas, orang lain yang simbion, dan yang lain yang parasit. Contoh dari anggota simbiosis Divisi ini adalah protozoa yang hidup dalam usus rayap dan mencerna selulosa dalam kayu dimakan rayap. Sebuah contoh dari bentuk parasit Trypanosoma gambiense akan, yang menyebabkan penyakit tidur Afrika dan disebarkan oleh gigitan lalat tsetse. Gejalanya meliputi demam tidak teratur, pembengkakan umum kelenjar getah bening, kulit letusan, dan daerah pembengkakan lokal yang menyakitkan. Akhirnya SSP gejala seperti tremor, sakit kepala, apatis, dan kejang-kejang muncul dan menjadi lebih buruk, menyebabkan koma dan kematian akhirnya. Awal, parasit ditemukan dalam darah dan getah bening, tetapi kemudian hanya dalam cairan cerebrospinal orang tersebut.

Divisi Ciliophora:
Klik di sini untuk Film Paramecium Contoh organisme di Divisi ini adalah Paramecium. Ini protozoa yang soliter, organisme air tawar dan menggunakan silia untuk bergerak. Mereka memiliki mungkin struktur yang paling kompleks dan organisasi dari semua sel. Daripada satu inti, mereka memiliki macronucleus lebih besar dan lebih kecil micronuclei beberapa. Mereka menggunakan bentuk reproduksi seksual yang disebut konjugasi di mana beberapa micronuclei yang dipertukarkan antara dua individu yang terlibat.


Alga Protista

Ini protista bersifat fotosintetik, nutrisi mereka adalah tanaman seperti. Hampir semua dari mereka memiliki klorofil A, sebagian besar memiliki klorofil C, tetapi hanya sedikit memiliki klorofil B. Mereka juga memiliki berbagai karotenoid dan pigmen lainnya, dan seringkali mereka dikelompokkan ke dalam Divisi berdasarkan kesamaan dalam pigmen.

Divisi Dinoflagellata:
Ini adalah berlimpah di plankton, kadang-kadang terjadi dalam jumlah besar. Mereka kadang-kadang bisa menjadi begitu banyak sehingga air tampak merah, sehingga ini mekar alga (berarti ada banyak dari mereka, karena tidak ada hubungannya dengan bunga, yang mereka tidak memiliki) disebut Red Tide. Karena Dinoflagellates beracun bagi manusia, tidak aman untuk dimakan "kerang" (kerang, dll) dikumpulkan di mana Red Tide yang terjadi (pada Protista masuk ke dalam cangkang kerang dan tidak dapat dengan mudah dihapus). Dinoflagellata yang bercahaya, yaitu, mereka mampu menghasilkan cahaya seperti keringanan bug, dan pada malam selama Red Tide, puncak-puncak gelombang laut tampak bersinar dalam gelap.

Divisi Euglenophyta:
Klik di sini untuk Film Euglena Mungkin contoh yang paling terkenal dari Divisi ini adalah genus Euglena. Masing-masing organisme memiliki flagellum pada ujung anterior, dan ini digunakan untuk menggerakkan organisme. Mereka memiliki kloroplas dan, ketika dalam terang, melakukan fotosintesis. Jika mereka tidak dalam terang, mereka juga bisa memperoleh gizi oleh fagositosis. Untuk membantu mereka pengertian cahaya (yang mereka kemudian bergerak menuju), Euglena memiliki cahaya-sensitif "eyespot" atau stigma dekat ujung anterior mereka. Ini bukan mata sejati, dalam hal ini tidak dapat melakukan pembentukan citra, melainkan itu adalah fotoreseptor yang indera tingkat cahaya di lingkungan organisme.

Divisi Chlorophyta:
Protista ini juga dikenal sebagai kloroplas mereka dan pigmen di dalamnya mirip dengan tanaman (ini adalah satu-satunya kelompok ganggang dengan klorofil B) "ganggang hijau.", Sehingga diperkirakan bahwa ganggang hijau mungkin nenek moyang evolusioner tanaman. Berbagai jenis ganggang hijau dapat ditemukan di berbagai lingkungan termasuk segar dan air garam, tanah basah, permukaan salju, dan dalam organisme lain (lumut, hydra, beruang kutub rambut).
Klik di sini untuk Chlamydomonas Chlamydomonas Film yang uniseluler dan mengandung eyespot (stigma), kloroplas, dua flagela, dan inti.
Klik di sini untuk Volvox Film Volvox adalah kolonial dan sering mengandung koloni putri hijau gelap di dalamnya. Setiap sel posesses dua flagela, yang memungkinkan koloni untuk mobile. Ada matriks interseluler memegang koloni sel bersama-sama.
Ulva disebut Laut Selada. Ini adalah benar-benar multiseluler, dengan pembagian kerja di antara berbagai sel, dan makroskopik. "Tubuh" adalah dua sel tebal, dan ada khusus-dimodifikasi "pegangan erat" untuk jangkar organisme ke dasar laut. Siklus hidupnya meliputi tahap kedua 1n dan 2n (lihat di bawah).
Klik di sini untuk Closterium Closterium Film adalah anggota dari kelompok sub-disebut Desmids. Beberapa koloni bentuk desmids, tapi Closterium yang soliter. Intinya adalah di tengah dengan kloroplas berbentuk kerucut di setiap sisi. Setiap kloroplas berisi serangkaian pati-organel penyimpanan yang disebut pyrenoids Dalam Closterium hidup, setiap akhir sel beruang vakuola kecil berisi beberapa butir gipsum yang "dance" oleh gerak Brown.
Klik di sini untuk Spirogyra Film Spirogyra yang kolonial, yang diatur dalam filamen panjang. Setiap sel berisi kloroplas spiral dengan pyrenoids (digunakan untuk menyimpan pati) dan inti. Mereka memiliki konjugasi - tipe reproduksi seksual di mana isi dari sel gamet jantan pergi ke sel wanita.

Silih bergantinya Generations ganggang hijau Banyak, terutama yang multiseluler, memiliki keduanya seksual dan aseksual tahapan dalam siklus hidup mereka, sehingga kita harus kembali memperkenalkan gagasan Alternatif dari Generasi kita diskusikan bersama dengan meiosis. Ketika kami pertama kali dibahas Alternatif dari Generations, kami melihat sebuah diagram yang sangat sederhana di mana orang dewasa dihasilkan 1n gamet oleh meiosis, dan mereka bergabung dengan gamet syngamy untuk membentuk generasi 2n baru. Dalam kenyataan di ganggang dan tanaman, ada tahapan lagi dalam proses, sehingga kita sekarang perlu untuk mengunjungi kembali siklus ini. Generasi 2n, yang pada manusia disebut "dewasa," dalam alga dan tanaman disebut sporophyte karena menghasilkan spora. Dalam struktur reproduksi khusus di / pada tubuh yang sporophyte, meiosis terjadi untuk mengurangi jumlah kromosom dari 2n hingga 1n, sehingga spora yang dihasilkan 1n. Setiap spora berkecambah dan tumbuh menjadi organisme, baru yang independen, 1n (yang sering terlihat sama sekali berbeda dari generasi 2n). Organisme ini disebut 1n gametophytes karena mereka menghasilkan gamet (telur dan sperma), yang masih 1n. Telur dan sperma bersatu dengan syngamy meningkatkan jumlah kromosom dari 1n sampai 2n, dan membentuk zigot yang 2n. Zigot tumbuh ke dalam sporophyte, dan siklus dimulai lagi. Berbagai ganggang hijau melalui siklus ini seperti yang dilakukan anggota dari dua kelompok berikutnya, ganggang coklat dan merah. Tanaman juga pergi melalui siklus yang sama dengan beberapa modifikasi yang menarik akan kita bicarakan nanti.

Divisi Phaeophyta:
Organisme ini umumnya dikenal sebagai Mereka multisel dan hidup di laut, zona beriklim sedang, daerah kosta "ganggang coklat.". Mereka semua memiliki bentuk reproduksi seksual dengan pergantian generasi. Salah satu anggota Divisi ini dengan yang Anda mungkin akrab adalah Kelp, yang sebenarnya dapat menjadi salah satu dari beberapa spesies rumput laut di Fucus genera dan / atau Laminaria. Ganggang coklat digunakan dalam banyak kebudayaan sebagai makanan manusia, dan merupakan sumber yang baik yodium. Kita perlu yodium untuk kelenjar tiroid kami, dan jika seseorang tidak cukup yodium di / nya diet (paling sering di daerah pedalaman di mana yodium tidak ditambahkan ke garam), membesar kelenjar tiroid dalam upaya untuk terus membuat hormon tiroid yang cukup (yang tidak ada gunanya karena apa itu kurang adalah yodium diperlukan untuk membuat hormon). Ini tiroid membesar disebut gondok. Laminaria juga memiliki penggunaan ginekologi yang menarik. Jika seorang wanita dijadwalkan untuk beberapa prosedur medis yang dokter membutuhkan akses ke bagian dalam rahimnya, sering satu atau dua hari sebelumnya, digulung, potongan kering dari Laminaria dimasukkan ke dalam pembukaan leher rahim wanita. Seperti rumput laut menyerap air dari cairan tubuhnya, dengan lembut dan perlahan-lahan mengembang, secara bertahap peregangan leher rahim. Dengan demikian, pada saat operasi nya dijadwalkan, leher rahim telah melebar perlahan dan lembut daripada dokter harus secara paksa dan cepat (dengan demikian menyakitkan) stretch menit serviks terbuka sebelumnya.

Divisi Rhodophyta:
Ini disebut "ganggang merah." Mereka juga multisel dan kelautan-tinggal, tetapi lebih biasanya ditemukan di zona tropis dan lebih dalam di laut. Mereka juga pergi melalui pergantian generasi, Banyak dari (seperti Nori digunakan dalam sushi) yang digunakan oleh manusia sebagai makanan, dan juga merupakan sumber yang baik yodium.

Jamur-seperti Protista

Divisi Myxomycota:
Organisme ini disebut "jamur lendir." Mereka adalah jamur-seperti dalam gizi mereka bahwa mereka menyerap nutrisi dari lingkungan mereka. "Tubuh" mereka struktur yang tidak biasa dalam inti mengalami mitosis, tapi ada sitokinesis ada - tidak ada sel-sel individual dengan satu inti masing-masing. Sebaliknya, "tubuh" adalah raksasa, multinukleat massa sitoplasma. Jamur lendir adalah mobile: mereka bergerak dengan gerakan amoeboid, dengan kata lain, seperti Amoeba raksasa dengan raksasa pseudopodia. Mereka tinggal di kayu lapuk dan bergerak di sekitar di antara serat, menelan bakteri, dll oleh fagositosis. Jamur lendir sering berwarna cerah (kuning atau oranye).

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Sitaresmi K is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger